1/14/2009

Peluncuran satelit GeoEye-1

Meskipun terlambat, saya sangat tertarik untuk membuat sebuah postingan mengenai peluncuran satelit GeoEye-1. Saya berharap postingan ini menjadi referensi berharga untuk mengetahui lebih lanjut tentang satelit dari kualitas gambar yang belum pernah terjadi sebelumnya.
GeoEye-1 dilengkapi dengan teknologi paling canggih dari yang pernah digunakan dalam sistem satelit komersial. Dimana belum pernah terjadi sebelumnya satelit yang mampu memberikan resolusi spasial panchromatic 41 cm dan 165 cm atau sekitar 64 inchi dengan system multispectral imagery secara bersamaan. Geospatial yang detail dan akurat dari gambar GeoEye-1 akan terus memperluas aplikasinya untuk memberikan citra satelit untuk kepentingan komersil maupun pemerintahan.

GeoEye-1 akan melakukan 15 orbits per hari berada di ketinggian 681 kilometer atau 423 mil dengan kecepatan orbital dari sekitar 7,5 km / detik atau 16.800 mil / jam. Kondisi ini singkron dengan orbit matahari yang memungkinkan untuk melampaui suatu daerah sekitar pukul 10:30 waktu setempat setiap hari. Satelit GeoEye akan melengkapi sistem IKONOS saat ini dan akan mengambil gambar sekitar 40% lebih cepat untuk panchromatic dan 25% lebih cepat untuk multispectral. Satelit GeoEye-1 bersama IKONOS dapat mengumpulkan gambar hampir satu juta km persegi setiap hari.


Satelit GeoEye akan melengkapi sistem IKONOS saat ini dan akan mengambil gambar sekitar 40 persen lebih cepat untuk panchromatic dan 25 persen lebih cepat untuk multispectral koleksi. Bersama dengan IKONOS dan satelit GeoEye-1 dapat mengumpulkan hampir satu juta sq km dari gambar per hari.

Nilai distorsi geoposisi untuk hasil penyiaman satelit GeoEye-1 ini dirancang untuk hasil distorsi maksimal hamper 3 meter atau sekitar 9 kaki, dalam hal ini user atau pengguna dapat membuat peta citra raster ataupun vector pada lokasi permukaan bumi tanpa menggunakan titik kontrol (ground control point). Keakurasian dalam sistem drajat ini belum pernah terjadi sebelumnya bahkan sangat sulit untuk disaingi oleh generasi satelit komersil di tahun-tahun mendatang.

Kategori dari produk gambar yang dihasilkan oleh GeoEye sesuai dengan resolusi dan keakuratan posisi, yang merupakan penilaian terhadap kedekatan antara objek lokasi terhadap gambar dibandingkan dengan posisi sebenarnya dilapangan. Nilai keyakinan terhadap tingkat keakuratannya (convidence level) didefenisikan lebih dari 90% (CE90). CE90 adalah keakurasian skala yang dapat dikaitkan dengan nilai RMSE (Root Mean Square Error) dan Standarisasi Keakuratan Peta Nasional Amerika (NMAS).

Pelanggan GeoEye-1 akan memiliki pilihan pemesanan dasar, baik ortho-rectified atau stereo imagery serta gambar-produk turunannya, termasuk Digital Elevation Model (DEM's) dan Digital Surface Model (DSM's), dan besar wilayah mosaik fitur peta. Produk dari GeoEye-1 ini akan digunakan untuk berbagai jenis aplikasi dibidang;
a. Pertahanan,
b. Transportasi udara dan Kelautan
c. Minyak dan Gas Bumi
d. Energi
e. Pertambangan
f. Pemetaan dan Layanan berbasis Lokasi (Location Base System/LBS)
g. Negara dan Pemerintah Daerah
h. Asuransi
j. Pertanian
k. Sumber Daya Alam dan Monitoring Lingkungan, dll

GeoEye-1 dibangun oleh General Dynamics Advanced Information Systems dalam Gilbert di Arizona dan Imaging systemnya dibangun oleh Rochester di Newyork. Dengan berat beban 4.310 pound, satelit ini diluncurkan pada pukul 11:50am PDT oleh United Launch Alliance Delta II rocket dari Vandenberg Air Force Base di California. Berhasilnya peluncuran satelit GeoEye-1 ini menandai kesuksesan 83 kali berturut-turut peluncuran roket Delta II.

Keterangan : Di ambil dan diterjemahkan dari beberapa referensi diantaranya http://launch.geoeye.com/

2 komentar:

Yayat-geografi mengatakan...

wah! Hebat donkz. artinya udah ada satelit yg bisa mnyaingi Quickbird yg beresolusi 60 cm x 60 cm. ya, walaupun cuman beda 20 cm sih, tapi kan udah lumayan tuk dpake ngintip orang bule yg lagi "jemurin tubuhnya" di Pantai Kuta.
he...he.....!!!

Jalaluddin Rumi prasad mengatakan...

wah bicara ngintip orang bali ngejemur, tidak perlu nunggu lama2x...hehehehehe....
tapi ini bukan di bali, melainkan pantai di australia bernama Bondy beach...
coba saja di koordinat GE:
-33.892351,151.27538

Pulau Tanakeke