1/11/2009

Riwayat Hidup


Riwayat HIDUP

Dilahirkan di Kota Ujungpandang (sekarang Kota Makassar) Provinsi Sulawesi Selatan, pada tanggal 10 Mei 1982. Rumi merupakan anak bungsu pasangan Drs. Abd. Hallaf Hanafie Prasad, M.Si dan Dra. Yundaryana Usmat. Penulis menempuh pendidikan dasar sejak tahun 1988 di SDN Paccinang Makassar hingga tahun 1994 dan menamatkan pendidikan menengah pertama di SMPN 8 Makassar pada tahun 1997 serta menyelesaikan pendidikan menengah di SMUN 5 Makassar pada tahun 2000. Kemudian pada tahun yang sama, penulis terdaftar sebagai mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muslim Indonesia (UMI) hingga diterima di Jurusan Geografi Fakulktas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar (UNM) pada tahun akademik 2001/2002 melalui jalur PMJK.

Kegiatan ekstra kurikuler dimulai sejak duduk di bangku Sekolah Dasar menjadi anggota pramuka dan berlanjut hingga tingkat penggalang di SMPN 8 Makassar. Bergabung di Persaudaraan Bela Diri Shorinji Kempo hingga Kyu I dan sempat mengikuti berbagai event kejuaraan tingkat lokal dan skala nasional hingga memutuskan untuk beristirahat dan aktif di Persaudaraan Seni Bela Diri Tae Kwon Do pada tahun 1999 serta Seni Pernapasan Margaluyu pada tahun 2002. Bergabung di komunitas Gank Prukut sejak tahun 1998 hingga saat ini dan sempat aktif mengikuti berbagai event pagelaran musik vestifal pada tahun 1999 hingga tahun 2000.

Berbekal pengalaman dan prestasi juara di berbagai event kegiatan ekstrakurikuler saat menjadi anggota Palang Merah Remaja (PMR), Majaelis Permusyawaratan Kelas (MPK) Osis, Kerukunan Remaja Mesjid Nurut Tarbiyah (KRAMNUT) penulis bersama beberapa rekan siswa yang masih memiliki kepekaan lingkungan hidup di lingkungan SMUN 5 Makassar mendirikan Sispala Wanagiri Wirabhakti pada tahun 1999. Ketika masih berstatus mahasiswa di Universitas Muslim Indonesia, penulis bergabung dan menjadi pengurus aktif di Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Fakultas Hukum Unhas cabang Makassar Timur pada tahun 2000 dan menjadi Ketua Panitia Basic Training untuk angkatan 29 di lembaga kemahasiswaan tersebut.

Sejak tahun 2001, mulai aktif memperjuangkan berdirinya organisasi MPA Kontur Geografi UNM hingga pada bulan juli tahun 2002, penulis bersama teman-teman di geografi dan dibantu oleh MPAS Maestro UNM berhasil mendeklarasikan berdirinya organisasi tersebut di puncak Gunung Bawakaraeng. Dilantik menjadi Presiden Mahasiswa BEMJ Geografi FMIPA UNM untuk periode 2002/2003 hingga mengundurkan diri pada setengah periode perjalanan kepengurusan. Sempat menjadi pengurus MAPERWA FMIPA UNM untuk periode 2003/2004 dan juga memutuskan untuk mengundurkan diri sebelum akhir kepengurusan.

Runtuhnya lereng Gunung Bawakaraeng pada tahun 2004 telah membuka mata penulis lebar-lebar untuk lebih berperan aktif pada gerakan yang lebih mengarah kepada realitas sosial yang terjadi di luar kampus. Dimulai dari gerakan advokasi DAM Bili-bili pada tahun 2005 bersama WALHI Sulsel, penulis kemudian aktif menjadi volunteer dan relawan atas nama individu untuk membantu pada kegiatan advokasi yang dilakukan pada program pendampingan oleh WALHI Sulsel, Yayasan Lembaga Batuan Hukum Indonesia (YLBHI) Makassar, Lambaga Advokasi dan Pendampingan anak Rakyat (LAPaR) dan menjadi Direktur Eksekutif Lembaga Hutan Indonesia (LHI) pada tahun 2007. LHI kemudian divakumkan sejak Agustus sampai tercapainya target penyelesaian study Strata Satu (S1). Organisasi kedaerahan yang penulis terlibat aktif didalamnya adalah Himpunan Pemuda Pelajar Mahasiswa Tomia (HIPPMAT) Makassar dan saat ini terdaftar sebagai anggota Divisi Hukum dan HAM di Lembaga Adat Firman Sombali Kerajaan Kambara Gowa-Tallo.

Beberapa kegiatan yang penulis sempat ikuti dari tahun 2004 hingga saat ini, antara lain: 1. Penulisan Karya Tulis Ilmiah berjudul “Pemanfaatan Animasi 3D Sebagai Media Pembelajaran Biogeografi” oleh Dirjen Dikti, Tahun 2004, 2. Pengukuran Pemetaan Jaringan Jalan Kota Labuha (Pemda Tk. II Kabupaten Halmahera Selatan, Tahun 2005), 3. Pengukuran dan Pemetaan Rencana Kompleks Perumahan PEMDA oleh Pemda Tk. II Kabupaten Halmahera Selatan, Tahun 2005, 4. Penyusunan Rancangan Teknis Gerakan Nasional Reboisasi Hutan dan Lahan (GNRHL) Kabupaten Kepulauan Sula, oleh Dinas Kehutanan Kabupaten Kepulauan Sula, Tahun 2006, 5. Pemetaan Lokasi Penanaman Perkebunan Kelapa Sawit di Pulau Taliabu Kabupaten Kepulauan Sula Kerja sama Pemda TK II Kabupaten Kepulauan Sula dengan Investor Malaysia, tahun 2006, dan 6. sampai saat ini menjadi pendamping Pedagang Kaki Lima (PK-5) di sepanjang JL. A.P. Pettarani melawan rencana penggusuran oleh pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar.

Penulis Kuliah Kerja Alternatif (KKA) di Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Selatan Bagian Inventarisasi dan Perpetaan Unit Pelayanan Informasi Kebumian selama tiga bulan di Kota Makassar. Penulis dipercaya untuk menjadi Asisten pada mata Geologi Indonesia, Geomorfologi Indonesia, dan Geomorfologi Sungai dan Pantai pada tahun 2005/2006 oleh staf pengajar jurusan Geografi.


 "Pemetaan Agihan dan Tingkat Kerapatan Jenis Mangrove di Pulau Tanakeke Kabupaten Takalar dengan Menggunakan Citra Satelit SPOT IV" menjadi judul penelitian dibawah bimbingan Ibu Dra. Nasiah Badwi, M.Si dan bapak Drs. Ibrahim Abbas, M.Si.

Tidak ada komentar:

Pulau Tanakeke