1/11/2009

KATA PENGANTAR

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat SWT, karena atas perkenaan dan izin-Nya jualah sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi dengan judul “Pemetaan Agihan dan Tingkat Kerapatan Jenis Mangrove di Pulau Tanakeke Kabupaten Takalar dengan Menggunakan Data Satelit SPOT IV”.  Salam keselamatan dan kesejahteraan tercurah kepada Baginda Rasulullah ﻤﺤﻣﺪ SAW beserta Ahlul Baithnya yang suci.

            Penulis menyadari bahwa skripsi ini tidak akan terselesaikan tanpa bantuan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, penulis ingin mengucapkan terima kasih kepada:

  1. Bapak DR. Ramli Umar, M.Si, Ketua Jurusan Geografi FMIPA UNM
  2. Bapak Uca. S, S.Si, M.Si, Sekretaris Jurusan Geografi FMIPA UNM, juga selaku dosen penguji yang telah memberikan saran, kritik, koreksi dan spirit dalam menyelesaikan skripsi ini.
  3. Ibu Rosmini Maru, S.Pd, M.Si, Ketua Program Studi Geografi Jurusan Geografi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNM.
  4. Ibu Dra. Nasiah Badwi, M.Si, dosen pembimbing yang telah memberikan bimbingan, arahan, dan koreksi selama penyusunan skripsi ini.
  5. Bapak Drs. Ibrahim Abbas, M.Si, dosen pembimbing yang telah memberikan bimbingan, arahan, dan koreksi, dalam penyusunan skripsi ini, juga selaku dosen wali yang telah banyak membantu dan membimbing selama kegiatan perkuliahan di Jurusan Geografi FMIPA UNM.
  6. Bapak Drs. Sulaiman Siddiq, M.Si, selaku Dosen Mata Kuliah Penginderaan Jauh yang telah memberi input referensi materi dalam penyusunan karya ini.
  7. Bapak Sarip Hidayat, S.Pi, Image Processing Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Parepare.
  8. Seluruh sahabat, saudara dan rekan-rekan seperjuangan di Angk. 2001 atas kebersamaan yang terjalin selama ini.
  9. MPA Kontur Geografi UNM, yang karenanya inspirasi karya ini lahir.
  10. Rekan-rekan di WALHI Sulsel, LBH Makassar, Lapar Makassar, Warga Perkasi (Persatuan Masyarakat Kassi-kassi) Makassar dan seluruh PK-5 sepanjang JL. A.P. Pettarani tanpa terkecuali serta rekan seperjuangan anti penggusuran (Maryam, Taufik, dan Alim gondrong) yang penuh idealisme dan keberanian.
  11. Rekan-rekan diskusi di forum yahoo milis RSGIS (Remote Sensing and Geographic Information System), dan Komunitas Bloĝer Makassar di www.angingmammiri.org atas arahan dan petunjuk teknisnya.
  12. Semua pihak yang telah membantu menyelesaikan skripsi ini.

Penulis menyadari bahwa skripsi ini masih banyak kekurangan dan kelemahan dalam penyusunannya. Mudah-mudahan karya yang sangat sederhana ini dapat berguna dan bermanfaat dalam bidang ilmu pengetahuan Geografi dan penerapannya di Universitas Negeri Makassar.

Makassar,  November 2007

J.R.P

Tidak ada komentar:

Pulau Tanakeke